STUDYSmarter: Pengembangan Kemampuan Belajar di UWA

CpFZnMwUIAAhkxTBerkuliah di negeri asing tentu menimbulkan tantangan besar. Lingkungan baru, sistem belajar dan evaluasi yang seringkali berbeda dengan negeri asal, dan tentu saja tantangan berkomunikasi dalam bahasa asing. Kesulitan dalam menghadapi tantangan tersebut tentu ada, tetapi ada banyak dukungan yang dapat membantu kita berkembang, terutama dari universitas.

Bagi rekan-rekan yang akan melanjutkan studi di University of Western Australia (UWA), tidak perlu khawatir dalam menghadapi tantangan tersebut. Pihak UWA menyediakan dukungan dalam bentuk program pelatihan yang tersedia sepanjang semester untuk beragam keahlian. Program ini secara kolektif disebut STUDYSmarter.

STUDYSmarter menyediakan kelas workshop untuk menulis (WRITESmart), matematika dan statistik (ma+hs smart), perencanaan riset bagi mahasiswa honours dan master, serta English bootcamp. Pelatihan ini ditujukan untuk seluruh mahasiswa UWA dan bahkan bisa dihadiri oleh siapapun yang bukan berasal dari UWA. Program ini disusun oleh tim khusus yang berpengalaman di bidang pendidikan bahasa dan matematika. Tidak hanya kelas tatap muka, program ini juga menyediakan materi online yang dapat diakses setiap saat serta sesi drop-in setiap Senin-Jumat yang bisa dikunjungi di dua perpustakaan terbesar UWA: Reid Library dan Barry J. Marshall Library.

Untuk mahasiswa yang masih perlu mengembangkan kemampuan berbahasa Inggris (termasuk saya), program English bootcamp sangat membantu. Program ini terbagi menjadi dua: Better English Now! yang fokus untuk meningkatkan core competence seperti writing, grammar, listening, dan speaking skills serta Communicate with Confidence. Lingkungan yang rileks serta fasilitator yang ramah dan supportif membuat program ini dipadati mahasiswa internasional dan memberi manfaat yang maksimal. Tidak hanya itu, bertemu dengan kawan-kawan sepenanggungan dari berbagai penjuru dunia juga merupakan pengalaman yang mengasyikkan.

Program lain yang tidak kalah penting dan bermanfaat adalah WRITESmart. Seperti yang mungkin sudah sama-sama kita ketahui, komponen penilaian studi di mayoritas universitas internasional melibatkan penulisan: essay, literature review, slide presentasi, hingga ujian final. Mahasiswa seringkali menemui kesulitan dalam memulai penulisan, menentukan struktur, mengembangkan paragraf, hingga menyusun kalimat yang memiliki¬†impact bagi pembacanya. WRITESmart menyajikan berbagai workshop terkait beragam aspek penulisan yang dibutuhkan semasa perkuliahan seperti menulis esai, menjawab pertanyaan, hingga hal yang kadang dianggap “remeh” seperti menulis catatan kuliah. Program ini memberikan banyak tips yang padat, jelas, sehingga mudah diingat serta dapat langsung diaplikasikan ke aktivitas menulis sehari-hari.

Fasilitas yang disediakan universitas dalam mendukung proses pembelajaran kita selama berkuliah tentu perlu dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. STUDYSmarter adalah salah satu fasilitas yang perlu dimanfaatkan mahasiswa dan prospective students UWA. Saya yakin universitas lain di WA juga memiliki program serupa untuk mendukung mahasiswanya.

Abi Ghifari
School of Chemistry and Biochemistry
The University of Western Australia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *